Budidaya Cara Menanam Kopi Dengan Pupuk Nasa Hasil Banyak

Kopi merupakan tanaman yang ditanam dalam ketinggian lumayan dan iklim cenderung dingin,di jaman sekarang kopi merupakan tanaman mahal jika anda mampu untuk membudidaya dan mengolahnya.sebenarnya cara menanam kopi itu sangat mudah.gunakan pupuk nasa untuk hasil panen maksimal.

Salah satunya kabupaten Kerinci , jangkat merangin yang ada pada salah satu provinsi jambi sedang digalakan untuk budidaya kopi dengan Organik. Selain sehat bebas pestisida dan memiliki nilai jual lebih tinggi. budidaya kopi yang pada mulanya tanam hanya secara tradisional sekarang sudah menggunakan stek batang,biji,okulasi dan cangkok dengan tujuan produktifitas akan jauh lebih menguntungkan.


Cara menanam kopi organic dengan pupuk nasa untuk saat ini selalu ditanyakan baik melalui sharing,diskusi via phone dan lain sebagainya karena memang sudah terbukti berhasil meningkatkan hasil secara jangka pendek dan berkelanjutan

Budidaya kopi secara organik dengan metode pikat NASA adalah budidaya kopi yang lebih mengedepankan maunya tanaman itu apa bukan maunya si petani apa ???

Pola Pikat NASA dengan mempertimbangkan keseimbangan kebutuhan tanaman baik unsur Mikro dan Makro juga pemberian unsur asam humat dan vulvat sehingga tanah akan tetap terjaga kesuburannya.

Di indonesia tanaman kopi paling banyak peminatnya baik untuk di konsumsi maupun sebagai komoditas ekspor dimana tahun demi tahun semakin meningkat permintaannya.Dengan demikian,para petani kopi harus selalu siap untuk meningkatkan kuantitas( hasil panen ) kualitas ( bebas residu pestisida ) dan kelestarian tanah tetap terjaga .jika tidak siap maka bisa jadi Negara lain yang akan ambil bagian dengan system budidaya “mungkin lebih canggih dari kita “

Perlakuan Bibit kopi dengan pupuk nasa

Sebelum melakukan budidaya kopi secara organic nasa ,sudah menajdi lazim buat petani yakni memilih bibit kopi yang bagus serta memiliki farietas unggul.Bibit kopi yang bagus,nantinya juga akan di hasilkan buah yang lebat dan hasil panen yang cukup menguntungkan.

Di daerah indonesia hanya di kenal beberapa jenis kopi saja,antara lain jenis kopi Arabika,kopi robusta,kopi leberika dan kopi dari jenis excelsa lain jenis kopi,maka lain pula karakter gaya hidupnya serta memiliki sifat gaya hidup berbeda pula..

Dengan berbeda jenis bibit kopi beda pula dengan karakter dan perlakuannya oleh sebab itu sebaiknya disesuaikan dengan daerahnya suhu dan lokasi ,jika lokasi anda berada di ketinggian di atas 850 dpl,maka jenis kopi robusta lah paling cocok anda tanah dan budidayakan..

Begitu juga sebaliknya jika lokasi daerah anda berada di ketinggian antara 350-800 meter di atas permukaan laut,maka jenis kopi Leberika dan kopi excelsa yang paling tepat untuk anda budidayakan di daerah tersebut..


Memilih Bibit kopi secara cermat.

lokasi serta suhu sudah anda ketahui,dan pihan tepat terhadap jenis bibit kopi sudah dikantongi maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan bibit tanaman kopi yang memiliki kualitas unggul.selain itu,lahan juga sudah anda siapkan sebelum mencari atau melakukan pembenihan bibit kopi..

karakter kopi juga adalah dia membutuhkan tanaman penenduh atau pelindung sebab itu dibutuhkan tanaman pelindung agar supaya kopi terlindungi dari panas matahari langsung

Ada beberapa jenis bibit kopi yang sangat bagus jika anda tanam,sebagai contoh saja dan saran,jika anda ingin menanam kopi jenis arabika,maka bibit yang paling bagus adalah dengan memilih bibit varietas S795 atau usda 762.selain itu,bisa juga dengan menggunakan jenis bibit kartika 1 serta kartika 2..

Untuk bibit kopi Robusta,saran saya,anda bisa menggunakan bibit kopi dari jenis varietas klon Bp 42 dan Bp 356 yang bisa anda beli di toko pertanian banyak kita jumpai baik secara online dan Offline..

Cara yang paling mudah untuk melakukan pembibitan kopi yaitu dengan dua cara yang bisa anda coba di rumah,yaitu dengan menggunakan teknik semai biji yang banyak di gunakan para petani untuk pembibitan jenis kopi arabika..sebelum disemai bibit biji kopi rendam dulu 3-4 jam dengan air yang sudah dicampur dengan larutan POC NASA + HORMONIK + Natural GLIO dengan dosis 4:1: 1 utk 10 liter air.

Lain halnya dengan jenis kopi Robusta,para petani lebih menyukai dengan teknik metode stek atau cangkok yang di yakini lebih memiliki kualitas bibit lebih unggul jika di bandingkan dengan teknik pembibitan lainnya. Ketika cangkok hendaknya disiram dulu dengan larutan POC NASA + HORMONIK + natural GLIO secukupnya.

Cara Menanam Bibit kopi dengan pupuk Organik nasa.

Jika lahan sudah siap,bibit sudah ada serta alat dan perlengkapan sudah kita siapkan,langkah selanjutnya bisa langsung melakukan penanaman bibit kopi tersebut..jika bibit sebelumnya sudah bereda dalam sebuah polybag,maka lakukan penggalian sesuai ukuran polybag..

Buat lubang sekitar kurang lebih seminggu sebelum bibit kita tanam,setelah lubang di buat taburkan super nasa granul dengan dosis 100 gram perlubang tanam dan natural glio 1 gram  selanjutnya biarkan saja lubang tersebut terbuka sampai bibit siap anda tanam.

Dalam pembuatan lubang tanam sebaiknya lubang tanam tidak hanya mengikuti besarannya polybag tetap akan jauh lebih bagus jika lebih besar.

Untuk tanaman kopi Jarak paling ideal penanaman bibit kopi adalah 3×3 meter baik kopi robusta maupun jenis kopi arabika.awasss ! plastic polybag jangan sampai ikut tertanam dan jika daun lebih banyak bisa sisakan 3-4 helai saja  Hal ini untuk mempercepat timbulnya tunas baru dan bibit tidak akan goyang ketika terkena hembusan angin..dengan demikian,sistem perakaran akan semakin bagus dan cepat tumbuh dengan sempurna.saat menanam bibit,pastikan juga tegak lurus,struktur tanah timbunan padat dan rapat.

Sisipkan segera bibit kopi yang mati.

Setelah 1-2 bulan penanaman sebaiknya segera di evaluasi dan diperhatikan apakah ada tanaman yang miring, atau bahkan mati. Segera ganti agar supaya tanaman tetap tumbuh dalam keseragaman dan merata.

Lakukan penyisipan pada bibit kopi yang mati dengan bibit sejenisnya.sangat tidak di sarankan menggunakan bibit kopi dengan varietas yang berbeda.untuk hasil yang lebih optimal,maka lakukan penyiraman dan perawatan secara berkala dan teratur supaya di dapatkan pertumbuhan bibit kopi yang lebih sempurna dengan cara penyemprotan POC NASA + HORMONIK dengan dosis 4:1 tutup pertangki 15-17 liter dengan intervak 2 – 4 minggu sekali. Untuk pengendalian hama dan penyakit semprotkan pestona pada sore hari dengan dosis 8 tutup pertangki semprot



Pupuk Untuk Tanaman kopi unggul.

Banyak ragam dan jenis pupuk dipasaran atau ditoko jual pupuk,namun sebaiknya untuk tanaman kopi gunakanlah pupuk organic Nasa dimana per 3 bulan sekali berikan super nasa dengan dosis 100 Gram perpohon jntuk yang belum produksi dan yang sudah produksi berikan 200 gram super nasa granul + 5 gram power nutrition perpohon.

Dalam pemberian pupuk yang perlu diperhatikan adalah letak kemiringan tanah, jika miring sebaiknya ditanam dan pastikan bersih dari gulma

Perhatikan juga tingkat Ph tanah di sekitar penanaman,jika Ph tanah mencapai 4,maka pemberian pupuk tersebut bisa kita campur menggunakan kapur berkisar 500 Gram untuk setiap batang yang bisa kita aplikasikan setiap 1 tahun sekali.

Untuk order dan konsultasi hubungi kami.

0 Response to "Budidaya Cara Menanam Kopi Dengan Pupuk Nasa Hasil Banyak"

Post a Comment