Cara Budidaya Menanam Singkong Dengan Pupuk Nasa

Bicara singkong merupakan makanan yang setiap hari orang indonesia konsumsi.singkong dijaman sekarang masih menjadi makanan yang lezat buktinya jajanan pasar atau pinggir jalan masih banyak yang menggunakan bahan singkong misalnya saja singkong kremes dan lain sebagainya.singkong sangat enak dimakan ketika masih hangat.beberapa daerah juga masih penghasil singkong dengan panen besar.cara menjual singkong juga mudah.jika anda adalah petani singkong naikan hasil panen anda dengan pupuk nasa.

Pada umumnya petani dalam budidaya singkong masih mengandalkan cara lama tau dikenal dengan tradisional banget asal potong dan tanam biarkan esok panen,sehingga hasil Panen masih rendah.Budidaya Singkong atau Ketela Pohon dengan menggunakan pupuk super nasa dan produk nasa lainnya terbukti telah meningkatkan Hasil Panen (bisa dilihat di vcd Kesaksian).



Bibit singkong


Bibit berupa stek batang
Sebagai stek pilih batang bagian bawah sampai setengah
Setelah stek terpilih kemudian diikat, masing-masing ikatan berjumlah antara 25 – 30 batang stek.
Semua ikatan stek yang dibutuhkan, kemudian diangkut kelokasi penanaman sebe;um tanam sebaiknya rendam dengan larutan air yang sudah dicampur dengan Poc nasa dan hormonik dengan dosis 4:1 untuk 15 liter air.
Cukup 2-3 jam saja  kemudian ditanam


Persiapan olah lahan singkong
Bedengan atau guludan dibuat pada saat lahan sudah 70% dari tahap penyelesaian. Bedengan atau pelarikan dilakukan untuk memudahkan penanaman, sesuai dengan ukuran yang dikehendaki. Pembentukan bedengan untuk memudahkan dalam pemeliharaan tanaman,juga akan terlihat rapih juga cantik manfaat lainnya juga banyak seperti permbersihan tanaman liar maupun sehatnya pertumbuhan tanaman.

Setelah siap 100 % tiga hari sebelumnya taburkan super nasa 3 kg atau super nasa granul 50 kg per hektar lebih jelasnya saya akan bahas di pemupukan.

Tanam bibit singkongya
3.1. Penentuan Pola Tanam

Dalam penentuan Pola tanaman harusnya pada saat musim dan curah hujan yang cukup

Semisal bapak/ibu memiliki lahan tegalan/kering, maka waktu tanam yang paling baik adalah awal musim hujan atau setelah penanaman padi. Dimana Jarak tanam yang umum digunakan pada pola monokultur ada beberapa alternatif yaitu diantaranya :

100 x 100 cm, 100 x 60 cm
atau 100 x 40 cm.
Bila pola tanam dengan sistem tumpang sari bisa dengan jarak tanam 150 x 100 cm atau 200 x 150 cm.
3.2. Cara Penanaman singkong

Persiapan tanam bibit singkong

Cara penanaman dilakukan dengan meruncingkan ujung bawah stek ketela pohon yang sudah direndam poc nasa dan hormonik 3-4 jam
kemudian tanamkan sedalam 5-10 cm atau kurang lebih sepertiga bagian stek tertimbun tanah.
Bila tanahnya keras/berat dan berair/lembab, stek ditanam dangkal saja.
Pemupukan singkong
Pemupukan singkong atau ketela pohon yang baik adalah memperhatikan kebutuhan tanaman seprti pada tanaman lainnya.pupuk pikat nasa adalah solusi yang sangat tepat selain lengkap unsur hara yang dibutuhkan juga dapat mengurangi kebutuhan pupuk kimia/anorganik sampai dengan 50%, adapun cara pemupukannya adalah sebagai berikut :

Berikan pupuk kandang/kompos  yang sudah dicampur dengan natural Glio cladium untuk mengantisipasi jamur dan layu dimana kebutuhan glio 100 gram per 50 kg kompos disetiap lubang yang akan ditanami bibit singkong kebutuhan untuk 1 hektar sebanyak 5 ton atau 5.000 kg.
3 hari sebelum tanam diberikan 3kg SuperNasa per hektar dengan campuran setiap 1 Kg Supernasa dicampur/dilarutkan dengan air max 200 liter (jumlah air tidak harus 200 liter boleh kurang asal cukup untuk 1 hektar) yang lebih praktis bisa gunakan pupuk super nasa granul tinggal tabor untuk kebutuhan per hektar 50 kg
Setelah 3 hari bibit / stek singkong siap ditanam
10 hari setelah tanam berikan campuran pupuk kimia dengan dosis Urea : 40 kg, TSP/SP36 : 50 kg dan KCL : 40 kg pada lahan 1 hektar, 1 pohon diberikan campuran sebanyak ± 20 gram dengan cara ditugalkan pada jarak 15 cm dari tanaman dengan kedalaman 5 – 10cm.
Pemberian Pupuk Nasa selanjutnya pada saat tanaman singkong berumur 2 bulan ,umur 4 bulan ,umur 6 bulan  dengan dosis POC NASA 4 tutup dan HORMONIK 1 tutup pertangki semprot 16-17 liter
Pemberian pupuk anorganik selanjutnya pada umur tanaman 60-90 hari berupa campuran pupuk kimia dengan dosis Urea : 60 kg, dan KCL : 60 kg. Asumsi bila 1 hektar lahan ditanam 5.000 pohon berarti 1 pohon diberikan sebanyak ± 20 gram dengan cara ditugalkan pada jarak 15 cm dari tanaman dengan kedalaman 5-10cm.



5.Pengairan atau penyiraman

lahan ketela pohon atau singkong dari awal tanam sampai umur ± 4-5 bulan hendaknya selalu dalam keadaan terjaga kelembabannya,artinya tidak terlalu becek. Pada tanah yang kering perlu dilakukan penyiraman dari sumber air yang terdekat.

Pengairan dilakukan pada saat musim kering dengan cara menyiram langsung kebawah  dengan System genangan atau cara jawane adalah di leb sehingga air dapat sampai kedaerah perakaran singkong secara resapan. Pengairan dengan system genangan dapat dilakukan dua minggu sekali dan untuk seterusnya diberikan berdasarkan kebutuhan.

6.penyemprotan pestisida nabati

Jika doawal sudah diberikan natural glio untuk serangan jamur upas pada singkong bisa ditekan namun jika msh ada yang terkena semprot dengan natural corrin


Cara meningkatkan hasil panen dengan pupuk nasa pada tanaman singkong itu sangat mudah.tetap menggunakan pupuk kimia silahkan dikurangi dan tambah dengan pupuk nasa hasil panen pasti melimpah.jangan ragu untuk bertanya seputar pupuk nasa ke kami.

0 Response to "Cara Budidaya Menanam Singkong Dengan Pupuk Nasa"

Post a Comment