Cara Budidaya Tanaman Pepaya California Dengan Pupuk Nasa

Pepaya buah manis yang banyak dikonsumsi masyarakat indonesia menanamnya juga mudah dan cepat panen.untuk hasil maksimal panen gunakan pupuk nasa.
Buah pepaya california sudah banyak beredar di masyarakat, bahkan permintaan akan buah pepaya super ini meningkat dari tahun ke tahun di pasaran. Namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tips dan panduan cara menanam buah pepaya super yang satu ini. Nah kali ini PT. Natural Nusantara (NASA) ingin membagi tips dan trik cara budidaya pepaya california untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi dari hasil pertanian pepaya super ini. Sehingga bisa meningkatkan pendapatan petani pepaya california.



Syarat tumbuh pohon pepaya california

1. Iklim
Pepaya california bisa ditanam pada tanah yang subur dan gembur yang memiliki curah hujam antara 1000-2000 mm/tahun.
Suhu udara optimal 24-29 derajat celsius.
Kelembaban udara antara 40%-50%.
2. Media Tanam
Media tanam yang baik untuk menanam buah pepaya adalah tanah yang subur dan banyak mengandung unsur hara humas dan merupakan tanah gembur.
Tanah yang bagus memiliki keasaman yang netral antara PH 6-7.
Kandungan air dalam tanah jangan terlalu berlebihan karena akan menghambat pertumbuhan pada pohon pepaya california dan mengakibatkan kematian tanaman.

PEMBIBITAN PEPAYA
Persyaratan bibit/benih. Pilih bibit yang berkualitas tinggi. Bibit di ambil dari pohon yang subur tidak berpenyakit minimal sudah berusia 2 tahun. Ambil buah yang matang tapi jangan terlalu matang, diambil bijinya rendam dengan air hangat selama semalam, angkat dan tiriskan lalu letakkan di kain kasa sampai kering. Jemur untuk mengurangi kadar air sehingga bisa di simpan lama dan tidak berjamur untuk di gunakan saat akan di semai. Untuk lebih mudah nya sekarang sudah tersedia bibit varietas pepaya california di toko toko pertanian.

Persiapan media semai. Buat bedengan media semai dengan ukuran 3x1 m dengan tinggi bedengan 20 cm, sebaiknya pinggiran media semai di tahan dengan batu bata mengelilingi media semai. Untuk ukuran tersebut ditambah kompos/bokhasi sebanyak 10 kg di campur sampai merata. Buat larutan dari GLIO sebanyak 1 sendok makan kedalam 5 Liter air, lalu siramkan ke media semai tersebut. Setelah semua tahapan tadi, saatnya membuat larikan untuk meletakkan bibit pepaya california. Buat larikan selebar 10-15 cm dengan kedalaman 1-2 cm.

Penyiapan benih/bibit. Untuk lahan 1Ha dibutuhkan sekitar (2000) pohon, benih direndam dengan larutan POC NASA 20 cc / liter  selama 1-2 jam, ditiriskan lalu ditebari GLIO, kemudian di tabur ke dalam larikan, di siram dengan air secukupnya sebaiknya gunakan sprayer jangan sampai becek. Bibit jangan sampai tertutup dengan tanah karena akan memperlambat pertumbuhan kecambah. Media semai kemudian di tutup dengan jerami.

Perawatan usia semai. Setelah kurang lebih 7 hari penutup media semai dikeluarkan dan diganti dengan atap rumbia dengan tinggi 1m. Lakukan penyiraman sehari 1 kali pagi hari sebelum jam 09:00 atau sore hari setelah jam 16:00 untuk menjaga kelembaban tanah. pemupukan dilakukan seminggu sekali dengan cara penyemprotan dengan larutan POC NASA sebanyak 2 tutup botol / tangki. Sisa larutan bisa di pakai untuk penyemprotan selanjutnya. Kecambah akan tumbuh saat usia 10-15 hari. Lakukan prenyiraman dan penyemprotan pupuk sampai usia 45-50 hari ketika bibit mencapai tinggi 15-20 cm saatnya dilakukan pemindahan.

Pemindahan Bibit. Bibit yang sudah dewasa dapat dipindah pada media tanam. Pemindahan dilakukan pagi hari sampai dengan pukul 09:00 atau sore hari setelah jam 16:00. Pemindahan sebaiknya pada awal musim penghujan. Karena akar dari bibit yang baru dipindah sangat membutuhkan kelembaban tanah seperti saat persemaian.

PENGOLAHAN MEDIA TANAM
Persiapan lahan. Lahan dibersihkan dari rumput dan semak serta kotoran lainnya. Kemudian di bajak sampai gembur -+ 3 kali pembajakan.
Pembuatan bedengan. (1) Bentuk bedengan dengan lebar 200-250cm, tinggi 25-30cm. Jarak antar bedeng 50 cm. (2) buat lubang 50x50 cm dengan kedalaman 40 cm di atas bedengan dengan jarak tanam 2-2,5 m.
Pemupukan. Sebelum diberi pupuk , lubang yang akan di tanami pepaya california dikeringkan 1 minggu, setelah itu tutup dengan tanah campuran kompos/ bokhasi setebal 10 cm.
Pengapuran. pengapuran dilakukan untuk menjaga PH tanah agar tetap pada keadaan normal PH normal tanah untuk pepaya california adalah PH 7. Pengapuran ditabur secara merata secukupnya menutupi kompos. Diamkan selama 1 minggu.

TEHNIK PENANAMAN PEPAYA CALIFORNIA
Cara penanaman. Lubang yang sudah disediakan bagian dasar digemburkan dan diletakan bibit dewasa 1 bibit dewasa/lubang. Bibit cukup di letakkan kemudian ditutup dengan kompos/bokhasi dengan ketebalan 5 cm. Kemudian ditutup tanah dengan ketebalan 5cm. Buat larutan pupuk SUPERNASA sebanyak 1 sendok makan ke dalam 10 liter air. Lalu di kocorkan ke tanah dengan jarak 10 -15 cm dari pangkal bibit.
Penyulaman. Penyulaman dapat dilakukan setelah 5-10 hari saat pemindahan untuk tanaman yang tidak sehat, cabut dan musnahkan kemudian di ganti dengan tanaman sisa yang ada di bedengan semai.

PEMELIHARAAN PEPAYA CALIFORNIA
Penyiangan. Pepaya sama halnya dengan tanaman lainnya dibutuhkan penyiangan untuk membersihkan pohon dari gulma yang menjadi parasit sehingga pemupukan lebih maksimal.
Pembumbunan. Pembubunan atau pendangiran tanah dilakukan saat yang sama dengan penyiangan untuk menghemat tenaga, waktu dan ongkos apabila kita menyewa tukang untuk membersihkan gulma di sekitar pohon.
Pemupukan. Pepaya memerlukan pupuk yang banyak, terutama organik, memberikan zat makanan yang di perlukan dan menjaga kelembaban tanah.

CARA PEMUPUKAN PEPAYA CALIFORNIA

1 bulan setelah tanam beri pupuk kimia 50gr ZA, 25 gr Urea, 50 gr TSP, 25gr KCL di campur dan ditanam melingkar.
1 bulan kemudian dilakukan pemupukan ke 2, dengan komposisi 75gr Za, 35gr Urea, 75gr TSP dan 50gr KCL.
Umur 3-5 ke 3-5 dengan komposisi 75 gr Za, 50gr Urea, 75gr TSP, dan 50 gr KCL.
Umur 6 bulan seterusnya pemupukan perbulan dengan komposisi 100gr ZA, 60gr Urea, 75gr TSP, 75gr KCL.
Buat larutan SUPERNASA 1 sendok makan/10 liter air, kemudian disiram pada jarak 15-20 cm dari pohon disiram melingkar mulai usia 15 hari dengan dosis 1 liter per pohon. Selanjutnya takaran di gandakan menjadi 2 liter air per pohon pada usia 45, 75,105 hari dan seterusnya hitungannya sebuan sekali.
Lakukan penyemprotan POC NASA dosis 3 tutup botol/tangki setiap 10 hari setelah tanaman berusia 2 bulan.
Setelah umur 3 bulan semprot POC NASA 3 tutup botol + HORMONIK 3 tutup botol/tangki.
Waktu pembungaan hentikan penyiraman, dikhawatirkan terkena bunganya. Pemupukan di ganti dengan POWERNUTRISI 1 sendok makan kedalam 10 liter air dengan dosis 2 liter per pohon dengan jarak 20 cm dari pohon setiap 10 hari.
Pengairan. Pepaya seperti tanaman lainnya butuh air tapi juga tidak boleh terlalu banyak air. Maka dari itu diperlukan perhatian khusus, makanya perlu dibuatkan bedengan agar musim penghujan air tidak menggenangi pangkal pohon.



Kutu kutuan. Pengendalian dengan BVR atau PESTONA
Penyakit mati bujang. Menyerang buah dan batang pepaya. Cara pencegahan perawatan kebun dengan baik, menjaga kebersihan dan drainase serta sebarkan GLIO ke lubang tanam.
Layu batang dan jamuran, ini diakibatkan jika curah hujan tinggi, pengendaliannya dengan cara di tabur Dolomit melingkar di sekitar pohon kurang lebih 200gr perpohon. Selanjutnya jika PH tanah sudah normal lakukan penyiraman dengan CORRIN dan HORMONIK dengan takaran 1 sendok leper per 10 liter air dosis per pohon 1 liter per pohon.

PANEN DAN PASCA PANEN
Umur panen pepaya california mayoritas usia 9-11 bulan. Tanda tanda buah siap di petik adalah warna kulit buah mulai menguning. Bisa di petik sebelum terlalu matang atau menyesuaikan dengan kebutuhan pasar.
Cara panen usahakan buah jangan sampai jatuh, karena bisa mengurangi kualitas.
Periode panen dapat di lakukan 10 hari 1 kali.

JANGAN SUNGKAN UNTUK BERTANYA SILAHKAN HUBUNGI KAMI.

0 Response to "Cara Budidaya Tanaman Pepaya California Dengan Pupuk Nasa"

Post a Comment